Pantai Baron – Panorama dan Panduan Wisata


Pantai Baron bisa dikatakan sebagai pemain lama di industri pariwisata DIY. Aneh rasanya jika orang-orang yang berdomisili di Jogja belum pernah mendengar namanya. Berikut adalah deskripsi singkat mengenai Pantai Baron:

  • Alamat lengkap: Daerah Kanigoro, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul – DIY
  • HTM: Rp. 10.000
  • Parkir: Roda dua Rp. 2000 dan Roda empat Rp. 4.000
  • Koordinat GPS Pantai Baron: Lihat pada peta di tengah halaman

Bagi kamu yang belum pernah menginjakkan kaki di Yogyakarta mungkin akan sedikit bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang bisa kita temukan di Yogyakarta? Ini adalah kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun lokal dan tentu saja daya tariknya tidak lepas dari adanya wisata sejarah, wisata budaya berupa candi dan lain-lain, wisata alam dan wisata pantai. Wisata belanja terutama di Malioboro dan wisata kuliner seperti bakpia dan gudeg adalah yang paling diburu.

Banyak orang hanya mengenal beberapa pantai di Yogyakarta. Dan umumnya mereka hanya mengenal Pantai Parangtritis yang ada di bagian selatan. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa selain itu, ada banyak pantai-pantai indah yang berjajar rapi di bagian selatan pantai-pantai tersebut umumnya mulai pamer keindahan beberapa tahun belakangan.

Berbicara mengenai pantai, pada saat ke Yogyakarta kamu juga bisa menikmati salah satu pantai yang sarat akan sejarah yaitu Pantai Baron. Selain memiliki sejarah panjang yang memukau, sebenarnya Pantai Baron juga memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai lain diselatan Jogja.

Cerita dan Mitos Mengenai Pantai Baron

Konon katanya, nama Pantai Baron berasal dari nama seorang tokoh ketoprak yang bernama Baron Sekeber. Dan ternyata, tokoh ketoprak tersebut bukanlah orang sembarangan melainkan seorang bangsawan yang berasal dari Eropa.

Menurut cerita yang beredar bangsawan tersebut memiliki kesaktian yang cukup tinggi sehingga cukup disegani dan dikatakan juga bahwa ia pernah berselisih dengan Panembahan Senopati dari Kerajaan Mataram.

Info Geografis

Seperti beberapa pantai lainnya yang berada di bagian selatan Yogyakarta pantai ini juga dikelilingi oleh bukit dan tebing tebing batu karang yang diselimuti pepohonan hijau serta semak belukar.

Saat menjejakkan kaki di pantai, kita akan menyaksikan pantai yang berbentuk huruf “U” dengan dibagian kiri dan kanan dihiasi tebing-tebing serta pepohonan yang hijau. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan memiliki kontur pantai yang cukup landai. Sehingga ada banyak orang yang sengaja menyempatkan diri untuk mandi dan bersenang-senang bersama teman-teman maupun keluarganya.

Beberapa tahun silam, pantai ini memang sangat tidak terurus dan kotor. Namun saat ini dengan geliat pariwisata di Indonesia yang semakin ramai membuat pemerintah Yogyakarta juga mencoba memberikan akses jalan yang lebih baik serta wisata di sekitar tempat ini juga mencoba memberikan kenyamanan pada pengunjungnya.

Pantai tampak bersih dan air laut yang jernih membuat suasana menjadi sangat nyaman. Selain itu, fasilitas dan akomodasi yang ada di tempat ini juga cukup memadai sehingga pengunjung tidak khawatir untuk datang beramai-ramai baik pada saat pagi, siang, maupun sore hari.

Sekedar informasi, pantai ini sangat dekat dengan pemukiman nelayan sehingga kita akan dengan mudah menemukan tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan. Selain itu, di sekitar pantai juga kita akan menemukan dengan mudah warung-warung makan yang menjajakan menu utama hidangan laut seperti udang, lobster, ikan tongkol, ikan kakap, ikan bawal dan lain-lain.

Saat kamu berkunjung, cobalah menyempatkan diri untuk mampir di salah satu warung. Karena kuliner yang ada di Pantai Baron sudah cukup terkenal, sehingga kiranya kamu mencoba menyantap beberapa hidangan istimewa tersebut.

Sambil bersantai menikmati angin laut yang berhembus, kamu bisa memilih tempat tempat makan yang memberikan pemandangan indah. Ini adalah pengalaman yang mengasyikkan dan harus kamu coba.

Keindahan objek wisata Pantai Baron tidak melulu hanya berupa pantai dan tebing-tebing karang. Melainkan disini juga ada toko-toko cinderamata serta juga kita akan menemukan beberapa bangunan menarik. Salah satunya adalah mercusuar yang cukup tinggi dan dibangun di atas sekarang. Untuk bisa menikmati suasana di sekitar dengan naik ke mercusuar kita harus merogoh kocek sekitaran Rp. 2.000 per orang.

Berbicara mengenai mercusuar, sebenarnya mercusuar ini baru dibangun pada bulan Februari tahun 2014 lalu dan tingginya mencapai 40 meter. Mercusuar ini memang sengaja dibangun untuk memberikan sinyal bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitar tempat ini. Sehingga nelayan yang melaut pada malam hari tetap bisa menemukan kemana mereka harus kembali.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di tempat ini salah satunya adalah dengan menaiki mercusuar dan menyaksikan pemandangan alam dari atas. Dari sini kita akan bebas menyapukan pandangan di sekitar pantai Gunung Kidul yang indah tersebut.

Kamu juga mungkin tidak ingin melewatkan untuk mandi di muara sungai bawah tanah yang terdapat di sekitar pantai. Muara ini memiliki air tawar yang cukup segara sehingga bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah mandi di pantai.

Sarana dan Prasarana Pantai Baron

Pantai ini termasuk salah satu pantai modern yang sudah dikemas untuk menarik perhatian banyak wisatawan. Selain itu, disediakan juga fasilitas atau akomodasi yang cukup lengkap mulai dari tempat parkir yang luas serta tempat ibadah dan toilet.

Selain itu, di sekitar pantai juga tidak sulit untuk menemukan warung makan atau penjaja makanan-makanan ringan serta beberapa penginapan dan cafe.

Di sekitar perbukitan dekat Pantai Baron juga terdapat track dimana kamu bisa bereksplorasi untuk menikmati keindahan alam sekitar pantai. Menaiki bukit untuk menyaksikan indahnya Pantai Baron juga merupakan pengalaman unik yang bisa kamu coba jika kamu tidak kesulitan untuk melakukannya.

Peta dan Rute Tranportasi

Lokasi Pantai Baron ada di Kanigoro, Yogyakarta, dan sangat dekat dengan Pantai Kukup.

Untuk bisa mencapai Pantai Baron selain menggunakan kendaraan umum kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan, entah itu roda dua atau roda empat.

Untuk mencapai pantai, dari Jogja kita harus mengambil arah ke Jalan Mataram kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Mayor Suryotomo. Setelah sampai di Toko Mebel Mekar Jaya, kamu bisa melanjutkan ke Jalan Brigadir Jenderal Katamso.

Setelah sampai di Bank Sinarmas di Jalan Brigjen Katamso Palmerah lanjutkan perjalanan hingga kamu menemukan Dealer Suzuki Indojaya Parangtritis. Sampai di sana, kamu bisa belok kiri untuk mengambil jalan Kolonel Sugiono. Selanjutnya, arahkan kendaraan ke Imogiri. Dari Imogiri melanjutkan perjalanan menuju Panggang. kamu bisa mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Baron.

Baca Juga:

  • 11 Pantai di Gunungkidul yang Belum Begitu Populer
  • Rekomendasi 9 Tempat Nongkrong Asik di Jogja

Tiket Masuk dan Jam Buka

Pantai Baron sejatinya buka 24 jam dan bisa dikunjungi kapanpun. Akan tetapi, jika kamu ingin menikmati suasana alam di sekitar pantai dan ingin mampir ke pantai-pantai yang lain yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Baron, ada baiknya kamu berangkat pagi-pagi.

Untuk masuk ke pantai ini, retribusi yang dikenakan pada setiap orang sekitar Rp. 10.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sekitar Rp. 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sekitar harga Rp. 5.000.

Nah, cukup sampai disini dulu. Semoga panduan wisata diatas dapat membantumu ketika berwisata ke Pantai Baron. Jangan lupa untuk meceritakan juga pengalamanmu kesana melalui kolom komentar dibawah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.