Keindahan Alam Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna

Keindahan Alam Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna

Danau Kelimutu merupakan salah satu keindahan alam yang dapat dinikmati oleh semua orang yang ingin menikmatinya. Danau ini ialah salah satu tempat wisata yang sangat mempesona di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Flores. Ketika Anda berada di puncak gunung kelimutu Anda akan disuguhi keindahan alam dengan pancaran yang diberikan oleh danau kelimutu. Danau kelimutu merupakan sebuah danau yang memberikan pancaran keindahan dengan tampilan yang menyajikan warna yang berbeda yaitu sebanyak tiga warna. Perubahan warna ini berjalan seiring dengan berjalannya waktu.

Pancaran warna yang berubah ini membuat danau Tiga Warna semakin menakjubkan dan sangat direkomendasikan untuk berlibur bagi keluarga maupun bagi Anda yang penat akan sibuknya dunia kerja. Kelimutu menantang Anda untuk naik gunung kelimutu itu sendiri dan menikmati kesempurnaan keindahan kelimutu di puncak gunung. Bisa dibayangkan rasa puas yang Anda dapatkan ketika dapat mencapainya. Danau kelimutu tidak hanya terkenal dengan pancaran keindahan melalui tiga warna yang disajikan. Adapun warna-warna tersebut adalah warna putih, warna biru dan warna merah.

Danau tiga warna ini sekitar mempunyai volume air sekitar 1.292 juta meter kubik dengan luas danau itu sendiri sekitar 1.051.000 meter persegi. Danau kelimutu atau danau tiga warna ini mempunyai ketinggian yang masuk ke dalam kategori terjal dengan kemiringannya sekitar 70 derajat. Adapun ketinggian tebing yang melingkari danau ini adalah antara 50 sampai 150 meter.

Berdasarkan sejarahnya, nama kelimutu berasala dari dua buah kata yaitu “keli” dan mutu. “keli” mengandung artian gunung, sedangkan mutu mengandung artian mendidih. Sehingga kelimutu dapat diartikan sebagai gunung yang mendidih. Gunung kelimutu termasuk ke dalam salah satu gunung yang masih aktif dan masih terus tererupsi. Tinggi dari gunung kelimutu ini 1.639 meter yaitu 5.377 kaki dari atas permukaan laut.

Danau kelimutu atau danau tiga warna ini menyuguhkan Anda para pengunjung dengan panacaran keindahan danau dengan perubahan pada tiga warna danau yang berlaku pada waktu tertentu. Berdasarkan asumsi masyarakat sekitar ketika danau berubah warna menjadi biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” masyarakat sekitar danau kelimutu meyakini bahwa pada saat itu danau tiga warna ini sedang menjadi sebuah tempat untuk berkumpulnya orang-orang yang meninggal dengan usianya yang masih muda.

Sedangkan, pada saat danau berubah warna menjadi warna merah atau “Tiwu Ata Polo” masyarakat sekitar danau kelimutu meyakini bahwa pada saat itu danau kelimutu atau danau tiga warna ini sedang menjadi sebuah tempat untuk berkumpulnya orang-orang yang meninggal yang pada saat mereka melangsungkan hidup atau saat mereka hidup dalam hidupnya mereka seringkali berbuat jahat. Dan perubahan warna terakhir adalah perubahan warna menjadi putih atau “Tiwu Ata Mbupu” ” masyarakat sekitar danau meyakini bahwa pada saat itu danau kelimutu atau danau tiga warna ini sedang menjadi sebuah tempat untuk berkumpulnya arwah para leluhur yang meninggal pada usia tuanya.

Letak Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna  secara geografis berada tepat di Nusa Tenggara Timur atau NTT, tepatnya di sebuah desa di kecamatan Kelimutu yaitu desa Pemo di Kabupaten Ende. Bagi Anda yang ingin mengunjungi dan menikmati pancaran keindahan danau Tiga Warna, Anda harus mampu menempuh perjalanan dari kabupaten Ende sekitar 13 km dari sebuah kampong yang bernama kampong Moni dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 45 menit.

Masyarakat yang ada di lingkungan kelimutu meyakini dan percaya bahwa danau kelimutu atau danau tiga warna ini merupakan danau yang mampu memberikan kesuburan terhap daerah-daerah yang ada di sekitar kelimutu itu sendiri. Selain itu masyarakat juga percaya dan meyakini bahwa danau tiga warna merupakan danau keramat.

Cara Menuju Danau Kelimutu

Untuk dapat menuju danau kelimutu Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kabupaten menuju desa Moni yang merupakan desa terdekat dengan desa tempat Kelimutu berada. Sebagai alat transportasinya Anda dapat menggunakan alat transportasi umum maupun pribadi dengan menggunakan mobil ataupun motor. Adapun bus yang dapat digunakan adalah bus dari maumere yang melewati desa Moni.

Di Moni Anda dapat bermalam terlbih dahulu di sana karena di sana terdapat beberapa homestay dan cottege dan mulai perjalan pada dini hari. Bus tersebut disebut sebagai bis kayu atau biasa disebut “oto kol” sampai pada area parkir. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi danau kelimutu atau danau tiga warna sejauh kurang lebih 15 km.

Jalan Menuju Puncak Kelimutu

Untuk menikmati indahnya pancaran dari danau kelimutu atau danau tiga warna ini Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000. jalan masuk menuju tepi danau tiga warna ini Anda harus berjalan kaki melewati anak tangga kemudian melewati jalan bebatuan.

Tips Berkunjung ke Danau Kelimutu

Adapun tips bagi Anda yang akan mengunjungi danau kelimutu atau danau tiga warna ini dianjurkan untuk mengunjunginya di pagi hari. Menurut anjuran masyarakat sekitar, pagi hari merupakan waktu yang paling baik untuk Anda mengunjungi danau unik ini. Hal ini juga didasarkan pada turunnya kabut putih yang menutupi danau pada siang maupun sore hari sehingga dapat menghalangi mata Anda untuk menikmati pemandangan yang disajikan oleh danau kelimutu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.