Inilah 11 Pantai Terindah di Pulau Nias yang Harus Anda Telusuri Lebih Jauh


Tahukah Anda, bahwa tak hanya pantai-pantai di Bali yang tersohor? Pantai-pantai terindah di Pulau Nias pun ternyata sudah begitu mendunia.

Betul, Pulau Nias menjadi salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi di Sumatera Utara karena salah satu surga peselancar di dunia adalah pantai-pantai yang berada di Pulau Nias, yang terletak di 125 km sebelah barat Pulau Sumatera ini.

Selain keindahannya, ombak yang tinggi ternyata menjadi daya tarik utama wisatawan untuk datang berkunjung, dan menjadikannya sebagai pantai terindah yang harus ditelusuri lebih jauh.

Mau tahu mana saja pantai terindah itu jika Anda kebetulan berkunjung ke sana?

Pantai Sorake

Pantai Sorake merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Nias, dan terkenal akan ombaknya yang besar dan tinggi. Bagi wisatawan domestik, mungkin nama Pantai Sorake terdengar asing. Tapi, untuk para surfer profesional, pantai ini bagaikan surga.

Setiap tahun, wisatawan dari seluruh dunia datang ke pantai di Nias Selatan ini, baik untuk ikut berpartisipasi maupun hanya sekadar menyaksikan kompetisi surfing tahunan yang disebut Nias Open. Lokasi Pantai Sorake agak terpencil.

Jika Anda ingin berkunjung ke sana, Anda harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari Gunungsitoli, ibu kota Nias. Tapi justru karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau inilah yang menjadikan keaslian alam Pantai Sorake yang indah tetap terjaga.

Pantai Lagundri

Masih berada di Nias Selatan, masih satu garis pantai dengan Pantai Sorake, ada Pantai Lagundri yang juga menjadi surga bagi para peselancar tingkat dunia.

Konon, ombak di Pantai Lagundri hanya bisa dikalahkan oleh ombak-ombak tinggi milik Kepulauan Hawaii. Jika Anda ingin menjajal ombak setinggi 6 – 9 meter yang bentuknya sering disebut sebagai “almond-shaped” yang ada di Pantai Lagundri ini, maka sebaiknya Anda datang di sekitar bulan April hingga Mei.

Pantai Moale

Masih di Nias Selatan, ada Pantai Moale yang mempunyai garis pantai lurus dan panjang. Meski ombaknya tak sekeren Pantai Sorake maupun Pantai Lagundri, namun Pantai Moale menyimpan keindahan tersendiri karena pantainya yang bersih, pasir putihnya yang lembut, dan juga keindahan hutan koral mangrove-nya.

Apalagi Pantai Moale lebih mudah dicapai dengan 3 jam perjalanan saja dari Gunungsitoli, atau 2 jam saja dari Teluk Dalam, menjadikannya salah satu destinasi wisata pantai yang tak boleh dilewatkan.

Pantai Pasir Berbisik

Namanya memang mengingatkan kita akan film Indonesia tahun 2001 yang dibintangi oleh Christine Hakim dan Dian Sastro, ya? Tapi tentu saja pantai ini tidak ada kaitannya dengan padang pasir dalam film tersebut.

Pantai Pasir Berbisik berlokasi di Kabupaten Nias Utara. Pantai ini konon dinamai menurut suara pasir yang terjadi ketika kita berjalan di atasnya. Pantai ini sangat ramai di hari Minggu, dan dipenuhi oleh masyarakat setempat.

Uniknya, pantai ini dibatasi oleh pohon-pohon pinus, dan bukannya oleh pohon kelapa seperti yang biasa tumbuh di pantai-pantai lain. Pohon-pohon pinus ini sengaja ditanam untuk menaungi pantai.

Pantai La’fau

Masih di Kabupaten Nias Utara, pantai terindah di Pulau Nias berikutnya adalah Pantai La’fau. Pantai La’fau merupakan pantai berpasir yang mempunyai garis pantai yang panjang dan sangat mudah dijangkau karena kedekatannya dengan jalan raya.

Pantai ini terkenal karena ombaknya tidak besar sehingga aman dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berenang, bahkan untuk anak-anak. Pemandangan dari Pantai La’fau sangat indah. Anda akan dapat melihat dengan jelas deretan pulau-pulau di pantai utara dari pantai ini.

Pantai Pasir Merah

Tahukah Anda,bahwa ada sekitar 46 pantai terdapat hanya di Kabupaten Nias Utara saja. Banyak sekali ya? Dan, salah satunya adalah Pantai Pasir Merah. Pantai yang berlokasi di Desa Ombolata Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara ini sangat mudah dijangkau dan merupakan salah satu pantai terindah Pulau Nias, terutama di kawasan pantai barat Nias Utara.

Pantai ini dikenal karena warna pasirnya yang memerah dan semakin memekat saat matahari terbenam. Pantai ini mempunyai garis pantai sepanjang 2,2 kilometer. Ombak di pantai ini besar tapi tak terlalu besar untuk dipakai berselancar.

Pantai Tureloto

Tureloto berlokasi di Nias Utara. Pada setiap Minggu, tak kurang dari ratusan penduduk setempat datang bersantai ke sini, sekadar untuk makan, minum, dan berenang. Tureloto dilindungi oleh sebuah gugusan karang yang membuat ini pantai ini menjadi sangat aman dari ombak-ombak besar.

Ada beberapa hal yang sangat menarik terdapat di Pantai Tureloto ini. Gempa Nias yang terjadi tahun 2005 telah membentuk kembali formasi geologi yang sangat unik yang membuat pantai di sebelah barat Pulau Nias menjadi terangkat hingga setinggi tiga meter, termasuk Pantai Tureloto.

Hal ini mengakibatkan dasar laut terdangkal di pantai kini hanya sekitar 300 meter saja. Terumbu karang, yang tadinya berada jauh di dasar laut, kini bisa dinikmati dengan mudah. Karena itu, jangan lupakan agenda ber-snorkeling jika Anda sempat mengunjungi pantai ini.

Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa terkenal memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna putih dan merah kecoklatan sekaligus, dengan sebagian bercampur dengan bebatuan kerikil. Berada di sisi paling utara dari garis pantai Nias Utara, pantai Toyolawa juga merupakan pantai terpanjang dengan total panjang 8 kilometer.

Uniknya pantai ini, sebagian pantai berombak besar, sedangkan di sisi lain terlindung dari ombak besar karena adanya sebuah tanjung berbatu kecil. Di pantai ini juga terdapat dua bunker peninggalan Jepang, sehingga diduga di sini dulu pernah dipakai sebagai tempat pendaratan tentara Jepang yang akan masuk ke daerah Sumatera Utara.

Pantai Tanayae

Satu lagi pantai lagi yang tak dapat Anda abaikan, yaitu Pantai Tanayae. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terindah di kawasan pantai timur Nias Utara. Terhampar berdampingan dengan pasir yang berwarna kuning keemasan nan lembut, pantai ini dipagari oleh barisan pohon kelapa yang teduh.

Pantai sepanjang 800 meter dan 10 sampai 15 meter ini juga merupakan pantai terlindung dari arus kuat atau gelombang besar Samudera Hindia, sehingga membuatnya menjadi pantai yang aman untuk berenang.

Pantai Sirombu

Pantai terindah di Pulau Nias berikutnya adalah Pantai Sirombu. Jika Anda ingin mengunjungi pantai yang tenang dan masih alami, Anda bisa segera menuju ke Pantai Sirombu. Pantai ini berlokasi di Nias Barat, hanya menghabiskan waktu tempuh 2 jam saja dari Gunungsitoli dengan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Pantai ini sepi karena ombaknya yang sangat tenang yang menjadikannya bukan tempat yang tepat untuk bermain dengan ombak. Tapi justru hal inilah yang menjadikannya cocok sekali jika ingin dikunjungi bersama keluarga.

Pantai Asu

Pantai terindah di Pulau Nias yang terakhir dalam daftar ini adalah Pantai Asu. Pantai Asu ini sebenarnya berada di Pulau Asu, salah satu pulau di Kepulauan Hinako. Meski berbeda pulau, namun Pulau Asu masih ada dalam wilayah administrasi Kabupaten Nias Barat.

Luas pulau ini hanya 18 kilometer persegi, dan hanya dihuni oleh 28 kepala keluarga. Meski demikian, banyak wisatawan yang bisa bertahan satu hingga dua bulan di Pulau Asu karena kenyamanannya.

Selain ombaknya yang juga bisa mencapai ketinggian 7 meter, dasar lautnya juga menyimpan berbagai jenis terumbu karang, dan juga beragam jenis ikan. Jika sedang tak ada ombak, Anda akan puas ber-snorkeling dan kemudian bisa Anda tutup dengan menikmati sunset.

Nah, itu dia 11 pantai terindah di Pulau Nias yang harus Anda telusuri lebih jauh. Anda punya rekomendasi pantai terindah di Pulau Nias yang jangan sampai dilewatkan jika kita berkunjung ke Nias dan belum masuk di daftar di atas?

Yuk, tambahkan di kolom komen!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.