Cantiknya Danau Toba – Wisata Kebanggaan Indonesia


Danau Toba sudah jadi salah satu wisata yang melegenda di Tanah Air. Namanya kerap disebut sebagai destinasi terbaik dan foto-fotonya terpajang dimana-mana. Gelar dan popularitas yang dimilikinya tak pernah surut. Turis lokal maupun mancanegara banyak yang berdatangan untuk melihat langsung fenomena alam menakjubkan.

Jika Anda belum tahu, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Luasnya terbentang hingga 7 kabupaten di Sumatra Utara. Di antaranya Samosir, Simalungun, Toab Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Dairi dan Tanah Karo. Panjangnya mencapai 100 km, lebar 30 km dan kedalaman 529 m. Luas danau secara keseluruhan yakni 1130 km persegi.

Secara geografis, danau ini berada di pegunungan bukit Bukit Barisan, Sumut. Sejauh mata memandang danau dikelilingi oleh hutan alam, hutan, rapat, kebun campuran dan hutan tanaman. Permukaan air berada di ketinggian 903 m dpl. Tak sedikit wisatawan yan terkagum dengan kecantikan yang disajikan Danau Toba. Belum lagi udara sejuk dan suasana alam yang membuat liburan terasa menyenangkan.

Dari Sejarah Ilmiah hingga Legenda Masyarakat

Banyak hal yang bisa membuat Anda bangga pada danau cantik ini. Dari sejarahnya, Danau Toba aterbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Toba. Gunung tua itu meletus sekitar 69000 hingga 77000 taun lalu. Letusan tersebut dikethaui merupakan yang terbesar di bumi dalam kurun waktu 25 juta tahun terakhir. Dampak letusannya mempengaruhi iklim global. Bahkan erupsinya tersebar hingga ke kutub utara dengan beberapa bukti penemuan.

Sedangkan masyarakat lokal memiliki kisah berbeda. Mereka percaya bahwa legenda Danau Toba berasal dari keluarga siluman ikan. Siluman tersebut menikah dengan pemuda setempat hingga memiliki seorang putra bernama Samosir. Suatu hari Samosir membuat marah ayahnya hingga mengucapkan kata perjanjian terlarang. Seketika hujan lebat turun dan air juga keluar dari dalam tanah. Jadilah Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Sejumlah Fakta Menarik Seputar Danau Toba

  • Pulau Samosir memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura. Luasnya pulau sekitar 647 km persegi.
  • Sebelah utara danau banyak dijumpai fauna seperti orang utan, lutung dan sejumlah jenis monyet. Sedangkan di selatan ada fauna berbeda seperti tapir, ingkir, lingur dan sebagainya. Fenomena unik yang seolah memisahkan ekologi fauna di dua sisi.
  • Jumlah air Danau Toba cukup untuk membuat Kerajaan Inggris tergenang hinga ketinggian 1 meter.Danau Toba yang kaya akan air
  • Danau di atas danau. Di pulau Samosir terdapat 2 danau yakni Aek Natonang dan Sidihoni. Sedangkan pulau Samosir sendiri berada di tengah Danau Toba.

Dari Wisata Alam, Sejarah hingga Wisata Budaya khas Danau Toba

Tak ada yang bisa mengelak kecantikan alam Danau Toba. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, danau ini menawarkan beragam aktivitas menarik. Turis yang datang bisa menikmati wisata alam dan wisata budaya.

Anda bisa berenang, berlayar, hiking, menjelajah dan masih banyak lagi. Semua keseruan Anda bisa membuat tubuh kembali relaks karena udara sejuk dan pemandangan nan elok. Jika Anda berencana ke danau ini, jangan lewatkan sejumlah spot menarik berikut:

  • Pulau Samosir

    Masyarakat yang mendiami pulau ini masih kental dengan tradisi turun-temurun. Anda akan melihat tempat tinggal asli suku Batak Toba. Anda juga bisa melihat live peninggalan kebudayaan masa lalu seperti kuburan batu, desa tradisional, arsitektur bangunan unik dan sebagainya.Kursi batu, warisan peninggalan jaman kerajaan kuno, sekitar 5 km dari daerah Tuk-tukAnda pun bisa berziarah ke makam Raja Sidabutar yang berusia 500 tahun, menyaksikan patung Sigale-gale yang bisa menari dan pertunjukan tarian Batak. Jika tak ingin jalan kaki, Anda pun bisa menyewa motor untuk menjelajah seluruh isi pulau. Jangan lupa naik hingga puncak tertinggi pulau untuk menikmati keindahan Danau Toba. Selain itu ada pengadilan tradisional, danau Sidihoni dan Aek Natonang, kerajinan, pusat oleh-oleh khas dan lain-lain. Semua wisata tersebut bisa Anda temui sejumalah desa yang ada di Pulau Samosir.Makam Raja Kuno Sidabutar di daerah Tomok
  • Kota Parapat

    Ada di semenanjung yang menjorok ke Danau Toba. Ini adalah tempat transit favorit sebelum ke Pulau Samosir dan selalu ramai wisatawan. Di Parapat Anda bisa menikmati beragam wisata air seperti ski, kano, memancing dan sebagainya. Anda juga bisa melihat keragaman flora dan fauna yang dilestarikan. Jangan lupa mampir ke rumah pengasingan Bung Karno yang masih terawat hingga sekarang.

Fasilitas dan Akomodasi

Anda bisa menjumpai berbagai varian penginapan di Danau Toba. Mulai dari guesthouse, villa, homestay hingga hotel. Penginapan tersebut tersebar di kota Parapat dan Pulau Samosir. Anda bisa membooking tempat via online atau menghubungi pihak setempat.

Jangan khawatir juga soal makanan. Banyak warung makan dan restoran tersebar di spot-spot wisata strategis. Mayoritas yang disajikan ialah masakan lokal yang kaya rempah, pedas dan bersantan. Begitu juga dengan tokoh oleh-oleh, tempat penyewaan dan pemandu.

Sama halnya dengan destinasi wisata populer lainnya, Anda bisa mencari paket tour murah ke Danau Toba. Menyewa jasa agen travel akan memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Utamanya bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali berkunjung.

Transportasi

Anda bisa berwisata ke Danau Toba dengan transportasi darat, laut maupun udara. Yang pasti Anda akan transit dulu ke kota Medan. Dari sana Anda bisa melanjutkan perjalaan dengan bus atau kendaraan darat lain menuju Parapat. Sesampainya Anda sudah bisa menikmati keindahan Danau Toba. Bila ingin ke Pulau Samosir tentu harus menyeberang dengan kapal ferri.

Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di bulan April – Agustus. Atau berkunjung ketika ada pesta rakyat dan upacara adat. Biaya wisata ke lokasi ini cenderung terjangkau. Minimal siapkan saja budget sekitar Rp1 juta per orang. Jangan lupa membuat perencanaan dan persiapan matang sebelum menikmati cantiknya pesona Danau Toba.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.